Home » , , » MENARIK!! Bandar Tanpa Matahari Di Papua yang ramai tidak tahu

MENARIK!! Bandar Tanpa Matahari Di Papua yang ramai tidak tahu

Written By Nick AreLonk on Sunday 26 October 2014 | 17:31

MENARIK!! Bandar Tanpa Matahari Di Papua yang ramai tidak tahu

Papua, salah satu pulau di Indonesia selama ini terkenal dengan suhu cuaca yang terik dan panas. Tetapi ada sebuah pengecualian di salah satu bandar di Papua, iaitu di Tembagapura. Setiap hari bandar tersebut sentiasa berselimut kabus yang menghalang sinar Matahari dan juga hujan.
www.belantaraindonesia.org

Tembagapura di Kabupaten Mimika, dikenal sebagai kawasan PT Freeport. Di bandar inilah para pekerja Freeport tinggal dan bekerja.

Dari Bandara Mozes Kilangin, Timika, perjalanan ke Tembagapura dalam tempoh masa dengan dua kendaraan. Kendaraan tersebut adalah chopper alias helikopter, selama 20 minit atau dengan bus anti peluru sekitar 3 jam. Namun, perjalan ke sana tergantung pada cuaca. Jika cuaca baik, maka naik chooper. Jika cuaca buruk, akan menaiki bus dengan pengawalan keamanan yang ketat.

"menaiki helikopter perlu pada waktu pagi, antara pukul 06.00 - 11.00 pagi, setelah itu tidak ada penerbangan lagi karena sudah sangat berkabut," kata juru bicara PT Freeport Indonesia, Ramdani Sirait .
www.belantaraindonesia.org

Setibanya di Tembagapura, Anda seolah melihat permandangan lain Papua. Udara dingin akan terasa menembus kulit. Apalagi waktu senja, Anda tidak akan terasa membuang jaket!

Tembagapura terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter. Jangan heran, kalau kabus pun tiba - tiba datang dan menyelimuti Tembagapura. Matahari seolah menghilang. Bercakap pun keluar wap!

"Ketinggian Tembagapura adalah 1.800 mdpl, pucak tertingginya ada di Grasberg yaitu sekitar 4.200 mdpl," lanjut Ramdani menjelaskan.

Itu yang terjadi saat pagi hingga petang, bagaimana kalau malam hari?. Udara pada malam hari dinginnya makin terasa. Jangan sekali - kali lari daripada alas kaki Anda dan berjalan di lantai.
www.belantaraindonesia.org

Bukan sekadar itu, rumah tempat bermalam pun seolah memiliki AC. Jika tidak ingin kedinginan lebih lama, maka baiknya tutuplah pintu Anda. Jangan sampai udara malam yang super dingin masuk ke dalam rumah.

"Tembagapura adalah kota yang dibangun untuk kegiatan pertambangan Freeport. Ada pejabat, pejabat hakim, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah di sini," ungkap Ramdani.

Tembagapura juga disebut sebagai kotanya karyawan Freeport. Dari pekerja pejabat hingga tambang, semuanya tinggal di sini. Anda dapat berjumpa berbagai ragam orang dari setiap daerah Indonesia di sini, ada orang Yogyakarta, Makassar, Kalimantan, Bandung, Jakarta, hingga Sumatera Utara. Inilah keunikan Tembagapura lainnya.

Powered by Blogger.